Kamis, 19 November 2009

Dunia Icang69

Dunia Icang69

Link to Dunia Icang69

Apakah anti plagiat artinya tidak mau berbagi?

Posted: 17 Nov 2009 10:10 PM PST

Aksi plagiat, copy-paste, atau pembajakan tulisan di dunia maya sudah sangat marak terjadi. Maksudnya mengambil tulisan dari blog lain kemudian memasang di blognya sendiri. Disini bukan tentang etika untuk mencantumkan atau tidak sumbernya atau pun penulisnya tidak rela tulisannya diambil oleh orang lain tapi lebih dari itu. Sesuatu hal yang tentang kelangsungan penulis itu sendiri.


Di dunia maya, menurut saya, ada dua jenis plagiat. Yaitu plagiat ide dan plagiat tulisan. Plagiat ide maksudnya sebuah ide/gagasan umum/biasa ditulis ulang. Misalnya tutorial tutorial blog tentang cara membuat read more. Sudah banyak blog yang membahas tentang itu. Dan cara atau langkahnya pun pasti rata-rata sama. Ketika kita menulis tentang hal itu lagi, bisa dikatakan kita melakukan plagiat ide.

Seperti tulisan saya sebelumnya tetang Membuat Windows XP jadi Genuine. Banyak juga yang menulis tentang itu. Pola atau caranya pun hampir sama dalam hal penulisan. Tapi itu bisa dimaklumi karena begitu banyaknya situs di internet pasti ada yang mirip. Itu belum menjadi masalah karena topiknya sudah umum dan diketahui oleh banyak orang.

Yang menjadi masalah besar adalah tentang plagiat tulisan secara utuh dimana mengambilnya dari sebuah blog kemudian dipublikasikan ulang di blognya sendiri. Istilahnya copy-paste. Sehingga tulisan antara blog satu dengan blog lain sama persis. Ini bukan masalah etika Anda mencantumkan sumbernya atau tidak. Terkadang sumbernya aslinya bisa saja salah. Seperti tulisan saya sebelumnya tentang "Fakta unik angka-bilangan Indonesia" yang banyak dicopas oleh blog lain. Ada yang cukup baik memberikan backlink, ada yang menghapus linknya dan tidak sedikit yang salah alamat sumbernya.

Sekali lagi, disini kami bukan tidak rela berbagi ilmu dengan orang lain atau karena Anda tidak memberikan sumbernya dengan benar. Tapi sesuatu hal yang lebih penting dari itu. Di dunia maya ini ada yang namanya si mandor, hakim, atau juri yang menilai situs yang tersebar di internet mana yang baik dan yang buruk. Orang sering menyebutnya Om Google.

Bila ada tulisan yang hasil dari copy-paste maka Google menilai artikel itu sudah tidak bermutu dan dianggap spam (sampah). Google tidak melihat itu berasal dari situs asli atau tiruan. Semuanya dianggap sampah. Dan ini sangat berpengaruh buat peringkat blog di internet yang selama ini sangat diperjuangkan para blogger dalam search engine optimation (SEO). Dan blog ini sempat naik turun peringkatnya (baca: PageRank) gara-gara masalah plagiat ini. Sehingga membuat usaha untuk mempromosikan blog terkadang menjadi sia-sia. Jangan sampai ini terjadi.

Sesungguhnya tidak mudah untuk menulis sebuah artikel. Butuh sebuah mood, ilmu, eksperimen dan segala usaha untuk memikirkan dan mengetiknya. Kemudian muncullah orang 'baik hati' yang mau menyebarkan tulisan kita dan memberikan backlink. Sesungguhnya mereka sedikit demi sedikit menghancurkan para penulis ini. Mereka hanya melihat di luarnya saja. Cuman masalah etika atau ilmu yang mesti 'disebarkan'.

Rata-rata dan kebanyakan orang yang berkecimpung di dunia copy-paste ini adalah orang yang membuat blog hanya karena iming-iming ingin mendapatkan dollar di internet. Berharap dengan mengisi blognya dengan tulisan menarik akan mendatangkan pengunjung yang akan mengklik iklannya.

Kenapa kita tidak memulai dengan menulis artikel kita sendiri dan diketik sendiri? Itu 'kan lebih sehat.

Baiklah. untuk masalah plagiat ini pada artikel berikutnya saya akan membuat tutorial tentang rahasia trik jitu menjebak para plagiat seperti yang sudah saya singgung sebelumnya.


This posting includes an audio/video/photo media file: Download Now

Tidak ada komentar:

Posting Komentar