Rabu, 02 Desember 2009

Dunia Icang69

Dunia Icang69

Link to Dunia Icang69

Rahasia trik jitu menjebak para plagiat

Posted: 30 Nov 2009 09:51 PM PST

Kali ini saya akan mengungkapkan rahasia trik jitu menjebak para plagiat seperti janji saya sebelumnya untuk membuat tutorialnya. Ketika ada yang berusaha 'mencuri' tulisan di blog kita dengan cara copy paste maka hasilnya akan muncul banyak peringatan yang menjengkelkan para plagiat. Peringatannya tidak kelihatan di blog kita tapi setelah di copas dulu. Penasaran? Ayo kita ikuti tutorialnya.

Trik ini saya buat lantaran makin maraknya kasus plagiat. Dan blog ini menjadi salah satu korbannya. Ini bukan masalah etika untuk memberikan backlink atau tidak mau berbagi ilmu tapi lebih dari itu. Ini masalah SEO (search engine optimization) yang belum dipahami oleh banyak orang seperti yang sudah saya singgung di artikel sebelumnya.Apakah anti plagiat artinya tidak mau berbagi?.

Awalnya, untuk memproteksi tulisan di blog ini ada niat untuk memasang script disable right click (non aktifkan klik-kanan). Tapi masih bisa dicopy hanya dengan menekan tombol ctrl+c. Jadi disable klik kanan seperti tiada gunanya. Lagi pula cukup merepotkan. Jangan sampai pengunjung lari.

Akhirnya saya temukan script ini. Sebenarnya script ini berasal dari script untuk memasang yahoo emotion di blog yang sudah saya dimodifikasi. Kalau kita mengetik suatu kode tertentu di blog misalnya kode tersenyum :) maka secara otomatis di postingan akan diganti jadi gambar tersenyum. Sama prinsipnya dengan yahoo emotion tersebut, kata-kata tertentu yang sering diketikkan diblog kita ganti dengan sebuah peringatan. Kalau di blog ini saya pake "Artikel ini plagiat dari http://icang69.blogspot.com". Peringatannya tidak muncul di blog ini tapi setelah di copas dulu di blog lain.

Yang pertama harus dilakukan tentu login dulu di blogger.com kemudian pilih tata letak lalu Edit HTML. Pastikan Expand Template Widget sudah tercentang.

Pasang kode css di bawah ini sebelum kode ]]></b:skin>

.bajakan{display:none}

Gunanya untuk membuat peringatan yang akan kita buat nanti tidak kelihatan di blog kita sendiri. Tapi kalau tulisan kita sudah berpindah tempat (dicopas) maka peringatnnya akan muncul di blog copas tadi.

Kemudian carilah script ini <p><data:post.body/></p>
dimana tempat untuk memasang target skriptnya. Kalau ada dua maka pilih yang pertama atau bukan yang untuk buat read more. Kemudian hapus atau ganti dengan script di bawah ini.


<div class='plagiat'>
<p><data:post.body/></p>
</div>

Nah sekarang download script utamanya disini. Karena kebutuhan setiap orang berbeda maka harus sedikit diubah. Sekarang perhatikan potongan skriptnya dibawah ini. Pastikan kedua kode berwarna hijau (plagiat) di atas dengan di bawah ini namanya sama.

function addSmiley(){
  var postBodyClass = (postBodyClass) ? postBodyClass : 'plagiat';
  var d = document.getElementsByClassName(postBodyClass);
  for(var i=0;i<d.length;i++){
      d[i].innerHTML = d[i].innerHTML.replace(/\syang/g, ' <span class="plagiat"  style="color:red;">Hidden Alert</span> yang');
     }
}


Script diatas sama hampir sama untuk membuat yahoo emotion tapi sudah di modifikasi. Kalau di yahoo emotion kode tertentu yang diganti dengan gambar emotion misalnya :) ;) :D dll. Tapi kali ini kata-kata yang sering kita gunakan dalam postingan yang akan diganti. Misalnya kata saya, aku, kamu, tapi, demikian dan lain sebagainya. Yang banyak bertebaran di setiap tulisan kita. Ada di setiap paragraph bahkan di setiap kalimat. Jadi tidak perlu lagi untuk mengedit tiap artikel untuk menyesuaikan skript yang ada.

Bagi yang dari awal sudah biasa ngeblog menggunakan yahoo emotion maka tinggal tambahkan saja peringatannya. Karena javascript-nya disimpan diluar maka sangat mudah untuk diupdate.

Gantilah kata yang berwarna biru di atas sesuai dengan keinginan kamu yang banyak di artikel kamu misalnya kata "yang". Di sebelahnya (di antara tanda petik satu) adalah peringatan yang akan mengganti kata yang tadi.

Agar peringatannya tidak tampil di postingan kita sendiri maka peringatannya diapit di dalam tag hidden text. Yang diberi class="bajakan" seperti yang sudah didefinisikan pada code css di atas.

Dan agar kata "yang" tadi tidak benar-benar hilang maka kata "yang" ditambah di akhir skript agar tetap muncul. Tidak ada yang berubah. Kalau mau ditambah kata yang lain tinggal gandakan saja baris kodenya sesuai kebutuhan. Makin banyak kata yang digunakan maka makin banyak juga peringatannya nanti. Jadi para plagiator akan kewalahan.

Kalau sudah selesai diedit tinggal upload javascriptnya. Bisa diupload di site.google.com atau di 000webhost.com. Setelah dapat linknya, kemudian ganti dengan link (warnah merah) dari skript dibawah ini.

 <script src='http://sites.google.com/site/icang69/icang69-antiplagiat.js' type='text/javascript'/>

Lalu pasang skript diatas sebelum kode </head>. Kemudian simpan.

Sekarang semua langkah-langkahnya sudah selesai. Tinggal di uji coba. Silakan copas artikel kamu sendiri ke MS word atau pengolah kata lainnya. Kalau berhasil maka peringatan yang sudah kamu buat akan muncul. Kalau tidak berarti berarti ada kesalahan. Saya sendiri punya masalah ketika dijalankan di blog ini. Skriptnya tidak berfungsi kalau di simpan sebelum kode  </head> . Makanya saya simpan langsung setelah kode

<div class='plagiatoric'> 
<p><data:post.body/></p>
</div>

Atau boleh disimpan sebelum kode </body>

Perhatian.
Karena kita menggunakan kata-kata yang umum maka tidak menutup kemungkinan kata-kata itu juga digunakan sebagai link. Sebagai contoh link http://icang69.blogspot.com/2009/08/google-yang-aneh.html di alamnya ada kata "yang". Jadi kata dalam link itu juga bisa ikut diganti. Maka linknya bisa rusak kalau di klik. Makanya saya tidak pakai kata "yang".

Saya sendiri menggunakan satu kalimat peringatan yang sama untuk semua dan tampilannya sangan mencolok maka sebenarnya sangat mudah untuk dicari dan dihapus langsung. Atau dengan cara atomatis yaitu find and replace di notepad. Oleh karena itu bagi teman-teman yang mau pakai cara ini maka peringatannya bisa berbeda untuk setiap kata. Bisa kata-kata apa saja (boleh gambar) yang tidak begitu mencolok. Setelah dicopas dan kalau dibaca dengan seksama maka kalimatnya bisa kacau.

Dengan trik ini sudah ada beberapa blog yang sudah kedapatan. Cara carinya sangat mudah. Karena peringatan yang saya buat yaitu "Artikel ini plagiat dari..." maka tinggal googling saja dengan kata itu (pake tanda petik).

Sekian dulu tutorialnya. Kalau ada masalah, tanyakan saja. Saya siap membantu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar