Rabu, 14 Oktober 2009

Dunia Icang69

Dunia Icang69

Link to Dunia Icang69

Game portable dari kertas

Posted: 12 Oct 2009 09:18 PM PDT

Game portable dari kertas.- Anak jaman sekarang, siapa yang tidak kenal dengan PlayStation (PS), PSP, XBox, Nintendo dan game lainnya. Sekalipun tidak punya pasti sudah mengenal dengan yang namanya ponsel (HP) yang ada gamenya. Minimal game ular-ularan.

Jadi teringat dengan masa kecil dulu ketika masih duduk di bangku SD. Biarpun belum ada game-game seperti yang saya sebutkan diatas tapi kita masih bisa main game seperti itu. Lebih seru dari tetris. Permainannya bisa kita buat sendiri dan diatur tingkat kesulitannya sesuka hati. Karena dibuat dari selembar kertas dan sebuah imajinasi.

Permainan yang kita buat kali ini adalah game pesawat ruang angkasa. Ceritanya, pesawat ini baru keluar dari pangkalannya dan menuju ke pangkalan lain. Perjalanannya tidak mudah karena harus melewati hadangan pesawat musuh dan benda-benda luar angkasa seperti batu meteor, lubang hitam dan komet. Tapi juga harus mengumpulkan point dan bahan bakar. Penasaran? Ayo kita buat permainnanya.

Pertama kita buat arena permainnya dulu. Siapkan selembar kertas. Boleh kertas yang biasa untuk ngeprint atau buku catatan sekolah. Kemudian dengan menggunakan pensil buatlah garis seperti gambar garis putus-putus di bawah ini.


Arenanya ada di bidang GCF. Jadi gambarlah benda-benda luar angkasa seperti disebutkan di atas. Jangan terlalu besar yang kecil-kecil saja. Dan jangan lupa buat pangkalannya. Pesawat akan muncul dari titik C. Jika sudah digambar kemudian lipatlah kertasnya menurut garis putus-putus tersebut. Sehingga arenanya menjadi miring.

Sekarang kita buat pesawat ruang angkasanya. Gambarlah sebuah pesawat ruang angkasa yang ukurannya tidak lebih dari 1 x 1 cm. Kemudian gunting menurut bentuk pesawatnya atau boleh bentuk lingkran atau kotak saja.

Semua yang dibutuhkan sudah siap sekarang waktunya untuk bermain. Taruh potongan pesawat tadi yang sudah dibuat di ujung arena (titik C) sebagai pangkalan. Untuk membuat pesawatnya bergerak pukul dengan pelan (seperti mengetik) titik G untuk ke kiri dan F untuk ke kanan serta di tengahnya untuk berjalan lurus. Maka pesawatnya akan melaju seperti yang kita arahkan.

Jika ketemu dan menyentuh pesawat lawan atau benda luar angkasa maka nyawanya berkurang. Dan jika nyawanya habis maka Game Over. Permainan dimulai dari awal lagi. Tapi jangan takut kita bisa menambahkan pangkalan bahan bakar untuk tambah nyawa. Atau menambah pos-pos untuk menambah point. Jika sudah sampai di ujung arena maka permainan selesai dan lanjut ke level berikutnya dengan arena baru yang sulit dan menantang.

Bukan hanya game besar yang punya cheat. Ada dua cheat yang bisa digunakan kalau lagi kepepet berhadapan langsung dengan musuh. Pertama Badai Matahari, cukup ditiup saja maka pesatwatnya mundur dan akan terhindar dari lawan. Dan yang kedua Big Bang. Ini yang paling berbahaya. Pukul keras tombol arahnya maka pesawat akan langsung loncat menghindari lawan. Berbahaya karena dapat merusak kelangsungan alam semesta (arena).

Lebih seru kalau kita saling bertukar permainan dengan teman. Mencoba seberapa sulit buatan teman. Bukan hanya tentang pesawat ruang angkasa tapi juga permainan Mario Bros, Sonic, bahkan permainan balapan mobil. Kalau mau lebih kreatif lagi, arenanya bisa didesain di komputer kemudian dicetak berwarna.

Itulah tadi kenangan masa kecilku. Aku pernah berkhayal bisa membuat game lebih hebat dari itu. Dan sekarang tanpa terasa aku bisa membuat yang lebih dari yang pernah kubayangkan dulu. Pada artikel selanjutnya saya akan publikasikan beberapa karya yang telah saya buat. Tunggu saja.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar