Jumat, 12 Maret 2010

Dunia Icang69

Dunia Icang69

Link to Dunia Icang69

Tips Trik promosi artikel atau postingan blog

Posted: 10 Mar 2010 10:41 PM PST

Apa yang harus dilakukan setelah posting artikel di blog? Mungkin itu pertanyaan umum yang sering muncul kalau lagi ngeblog. Tentu jawabannya adalah promosi postingan tersebut agar orang lain juga bisa membaca dan berbagi. Kali ini saya akan bagikan tips dan trik yang biasa saya lakukan agar postingan itu banyak dikunjungi orang dan bertahan kuat di SERP.

Ping artikel
Pertama-tama memberitahukan kepada search engine bahwa kita sudah memposting sebuah artikel baru atau istilahnya adalah melakukan ping. Ada banyak layanan ping, beberapa diantara yang sering saya gunakan adalah.
Ping-o-Matic!
Blog and ping | Pingoat
Pingler.com
Feed Ping
mypagerank.net
Google Blog Search Ping Service
Technorati: Ping
 
Sebaiknya kunjungi dulu Ping-o-Matic! karena jika dia sudah mendeteksi bahwa kita sudah submit url biarpun dari layanan lain maka layanan itu tidak mau jalan. Sebab beberapa layanan ping memiliki beberapa data link yang sama.

Biasanya ada tiga form yang harus diisi yaitu judul, url, dan rss/atom. Untuk form judul sebaiknya isi dengan judul postingan yang baru dibuat. Misalnya "Jual baju hamil dengan harga murah". Sekedar coba-coba, untuk form url masukkan url link postingan. Bukan link utama. Dengan maksud agar lebih tepat sasaran. Walaupun salah, pasti mereka akan mengkonversinya menjadi link utama. Selanjutnya adalah memasukkan link rss/atom. Di blogspot ada tiga link rss/atom yaitu . icang69.blogspot.com/atom.xml, icang69.blogspot.com/feeds/posts/default dan icang69.blogspot.com/feeds/posts/default?alt=rss masukkan salah satunya saja tapi setiap layanan ping masukkan rss/atom yang berbeda. Dan pada kunjungan atau postingan berikutnya ganti kombinasi url/atom-nya.

Setelah itu centang semua pilihan yang ada. Kalau ada yang meminta verifikasi kata maka masukkan dengan benar kemudian klik tombol submit.

Sosial Network
Memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook atau twitter sepertinya sudah menjadi hal wajib yang digunakan untuk mempromosikan blog. Sebab penggunanya sekarang terus meningkat. Cukup dengan update status yang berisi link blog kita maka bisa dibayangkan berapa orang yang akan berkunjung. Tentunya dengan tema yang menarik. Saat ini saya sendiri punya sekitar 4200 teman di Facebook dan lebih dari 6000 teman yang menunggu konfirmasi. Yang mau request jadi teman sebaiknya melaui pesan langsung karena saya tidak bisa temukan kamu di antara 6000 orang lebih.

Soal urusan update status saya pakai layanan dari ping.fm seperti yang sudah saya tulis sebelumnya di Ping.fm : Sekali Update Status Kebanyak Situs Pertemanan. Cukup sekali update status di ping.fm maka akan langsung disebarkan ke semua jejaring sosial yang kita miliki sehingga bisa menghemat waktu.

Tak hanya memanfaatkan update status tapi juga layanan Facebook Grup. Berbeda dengan halaman fans, di grup kita bisa mengirimkan surat langsung ke semua anggota grup. Pesan berisi ringkasan artikel yang kemudian diarahkan agar membuka blog kita untuk melihat isi artikel yang lengkap. Saat ini anggota grup dari Dunia Icang69 sekitar 1500 orang. Silakan gabung dan dapatkan update terbaru dari blog ini.

Jangan juga meremehkan layanan facebook yang lain yaitu Catatan. Saya koneksikan blog ini dengan catatan facebook sehingga setiap ada postingan baru pasti akan langsung masuk di catatan facebook-ku. Dan jangan lupa setiap akhir tulisan berikan link yang mengarah ke blog kamu. Itu bisa diatur di bagian feed blogger. Kamu juga bisa atur feed-nya mau diberikan ringkasannya saja atau secara lengkap.

Biasanya saya juga sering mengunjungi Yahoo! Answers (Y!A) untuk mencari pertanyaan yang jawabannya sudah dibuat di postingan. Misalnya kita sudah memposting tentang "baju menyusui" maka kita search saja yang bertanya tentang hal itu kemudian dijawab bahwa jawabannya ada di blog kita. Atau mencari secara manual kategori yang ada. Siapa tahu ada pertanyaan yang bisa kamu jawab. Tidak jarang saya temukan pengunjung berasal dari Y!A dimana jawaban saya itu sudah setahun yang lalu (lihat lewat feedjit).

Biarpun Facebook, Twitter atau Y!A tidak memberikan backlink yang dofollow tapi google tetap menganggapnya berharga karena berasal dari situs yang ternama.


Sosial Bookmarking
Memasukkan ringkasan artikel kita di sosial bookmarking seperti lintasberita.com atau infogue.com adalah hal wajib. Waktu submit yang tepat adalah ketika jam istirahat atau jam pulang kantor.

Ikut forum diskusi
Jangan lupa juga untuk membagikan postingan di forum diskusi seperti Kaskus dan lain sebagainya. Tapi setiap forum punya aturan tidak tertulis sendiri. Anggota forum biasanya tidak suka dengan artikel sepotong-sepotong dan harus membaca lanjutannya di tempat lain. Karena dianggap hanya promosi blog saja dan kalau mau diskusi maka harus di satu tempat saja. Jangan dibawa ke tempat lain. Oleh karena itu masukkan saja secara utuh dan jangan lupa berikan link yang mengarah ke blog kamu.


Komentar di blog lain
Untuk meningkatkan backlink dan juga persahabatan di antara blogger tentunya dengan saling berkomentar di blog masing-masing. Berikut ini akan saya beritahukan tips dan trik berkomentar agar mendapat kunjungan balik dan posisi yang kuat di Search Engine Result Page (SERP).

Pertama mencari blog yang ingin dikomentari. Caranya: Jika judul postingan kamu tentang "Promosi Blog"maka lakukan seaching dengan Google atau Yahoo menggunakan judul itu (tanpa tanda petik). Buka halaman blog itu kemudian komentari satu persatu. Paling tidak 10 blog dan boleh lebih. Karena tema kamu dengan blog itu sama maka biasanya ada kelebihan dan kekurangan dengan postinganmu (syaratnya postingan kamu Asli dan bukan plagiat). Hal itu yang bisa kamu komentari. Kamu bisa puji dulu kemudian berikan kelebihan kamu. Atau kamu menyerang langsung kemudian berikan solusi yang tidak dia punya. Tentunya dengan adab dan aturan yang ada. Atau pun kamu bisa berkomentar datar-datar saja seperti "say hallo" atau "salam kenal" dsb.

Yang terakhir adalah memberikan link untuk komentar. Jangan memberikan link utama dari blog kamu tapi link dari postingan. Begitu juga dengan form nama, tulis nama kamu kemudian tambahkan judul artikel tersebut. Contohnya: Icang69-Tips Trik promosi artikel atau postingan

Tentunya teman-teman bertanya apa gunanya cara berkomentar seperti di atas? Begini penjelasannya. Blog dengan hasil pencarian seperti diatas tentu sangat kuat dengan kata kunci itu. Apa jadinya semua blog itu memberikan backlink ke artikel kamu dengan tema yang sama pula? Tentu bisa mendongkrak rating di SERP ditambah lagi link yang kamu berikan berisi keyword. Berkomentar dengan cara seperti itu juga bisa mendatangkan pengunjung dari blog itu yang melihat komentar atau link yang kamu berikan.

Ternyata banyak juga yang harus dikerjakan setelah posting artikel. Kalau ada yang mau ditambahkan, saya terima masukannya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar