Jumat, 19 Maret 2010

Blog Cikal

Blog Cikal

Link to Blog Cikal

Sejarah Kesuksesan eBay

Posted: 18 Mar 2010 08:51 AM PDT

220px-ebayheadquarters eBay didirikan pada 1995 oleh Pierre Omidyar sebagai “AuctionWeb”, bagian dari situs pribadi yang termasuk, tulisan sumbangan Omidyar terhadap virus Ebola. Awalnya situs ini dimiliki oleh Echo Bay Technology Group, firma konsultasi Omidyar. Omidyar telah mencoba mendaftar nama domain “EchoBay.com” namun nama itu telah dimiliki orang lain, jadi dia memendekkan namanya menjadi “eBay.com”. eBay bermarkas di San Jose, California, Meg Whitman telah menjadi presiden eBay dan CEO-nya sejak Maret 1998.

Kesuksesan e-bay ini menjadi inspirasi bagi banyak perusahaan lelang lainnya yang menyebar keseluruh dunia. Ide daripada eBay ini merupakan salah satu contoh dari fenomena “Long Tail” yang dipaparkan oleh Chris Andersen lewat bukunya yang berjudul sama “The Long Tail”, dimana pasar ideal akan tercipta dimana keragaman barang yang dijual akan semakin banyak, sementara jumlahnya semakin sedikit.

eBay telah membangun komunitas perdagangan di Internet, menggunakan World Wide Web. Pembeli dan penjual dibawa bersama dalam sebuah cara di mana penjual yang diijinkan untuk melisting mendaftarkan item untuk dijual, sedangkan pembeli untuk menawar pada item yang menarik dan semua pengguna eBay untuk menelusuri daftar item dengan cara yang sepenuhnya otomatis.  Item diatur oleh kategori, di mana setiap jenis lelang memiliki kategori sendiri.eBay menggabungkan perdagangan tradisional dan modern, dimana secara tradisional telah dilakukan melalui bentuk-bentuk seperti penjualan garasi, koleksi, pasar loak dan banyak lagi.  Hal ini mempermudah eksplorasi bagi pembeli dan memungkinkan para penjual untuk segera mendaftarkan item untuk dijual dalam beberapa menit setelah mendaftar.

Untuk sekedar browsing dan menawar pada sebuah lelang di eBay semuanya adalah gratis, tapi penjual dikenakan dua macam biaya:

  • Ketika melisting sebuah item di eBay dikenakan biaya (fee) berkisar antara 30 sen dan $ 3,30, tergantung pada tawaran pembukaan penjual pada item.
  • Ada juga biaya tambahan pilihan untuk mempromosikan listing item, seperti judul item yang di bold atau menggunakan galeri ada ada berbagi pilihan lainnya.
  • Nilai Akhir (harga penjualan akhir) biaya dibebankan pada akhir penjual lelang.   Biaya ini biasanya berkisar antara 1,25% sampai 5% dari harga jual akhir.

eBay akan memberitahu pembeli dan penjual melalui e-mail di akhir jika tawaran lelang melebihi harga minimum penjual, dan penjual dan pembeli menyelesaikan transaksi secara independen dari eBay.  Kontrak yang mengikat pelelangan adalah antara pemenang lelang dan penjual saja.

Sumber: mbah google

Setelah sekitar sebulan lebih mempelajari seluk beluk eBay dan dimulai sebagai buyer dilanjutkan dengan melisting beberapa item, ternyata eBay lebih mudah  dipelajari dan menjanjikan  keuntungan seperti bisnis online lainnya. Yang saya suka dari eBay ini adalah kita gak perlu mempelajari SEO yang njelimet dan membutuhkan berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun untuk menjadi expert.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar